Halaman

Jumat, 28 Oktober 2011

MODAL UTAMA MERAIH KESUKSESAN

"Dalam sebuah kata kesuksesan terdapat nilai harga yang yang harus dibayar". Ya, itulah kenyataan pahit yang harus dihadapi bagi setiap insan yang mempunyai impian untuk meraih kesuksesan. "Dan tidak dapat dinilai dengan mata uang apapun yang berlaku di dunia ini".


Kabar baiknya, modal tersebut sudah dikaruniakan oleh Tuhan kepada setiap insan untuk menjalani dan mengarungi alur kehidupan, walaupun beberapa diantara kita belum mengoptimalkan dari sumber daya tersebut. Modal paling utama tersebut diberi nama "KEBERANIAN". Ya, keberanianlah yang selama ini telah membawa manusia kedalam kesuksesan. Keberanian mengelola rasa takut, ragu, was-was yang selama ini telah menghalangi kita serta merubahnya menjadi sumber energi bagi pencapaian kesuksesan tersebut.


"Kesuksesan merupakan hak bagi setiap manusia yang meyakininya", Andrie Wongso.
Keberanian adalah perasaan takut yang bertahan sedikit lebih lama, dan sukses adalah kegagalan yang mencoba sekali lagi. 
‎"Dia yang tidak cukup berani untuk mengambil risiko tidak akan menyelesaikan apapun dalam hidup." ~Muhammad Ali~


Berikut ini adalah tiga hal yang lebih penting dari sekedar modal uang.
1. Keberanian
Perasaan takut, ragu dan was –was sering menjadi penghalang terbesar untuk memulai bisnis baru. Hingga langkah kita untuk maju pun terhenti karena adanya perasaan takut, takut untuk mencoba, takut untuk bermimpi, takut untuk bertindak, dan takut jika gagal. Oleh karena itu, keberanian untuk melawan ketakutan yang ada pada diri kita merupakan modal utama yang harus kita miliki. Adanya keberanian akan membantu langkah Anda menuju kesuksesan yang selama ini hanya ada di impian Anda. Banyaknya ide serta banyaknya modal uang yang dimiliki tidaklah berguna jika tanpa adanya keberanian.
2. Ketekunan
Meraih kesuksesan dalam berbisnis tidaklah mudah, tidak sedikit rintangan yang harus dihadapi, dan kegagalan yang sering membayangi menjadi suatu hambatan yang menghiasi perjalanan menuju kesuksesan dalam berbisnis. Dalam menjalankan bisnis diperlukan perjuangan dan ketekunan. Orang yang berhasil meraih kesuksesan hanyalah orang – orang yang memiliki keyakinan yang kuat, konsisten, selalu bersungguh–sungguh dalam menjalankan bisnisnya dan pantang menyerah dengan kegagalan yang dihadapi. Dengan adanya kegagalan, seseorang dapat belajar tentang banyak hal.
3. Modal Nekat
Modal nekat sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis, namun nekat yang dibutuhkan adalah nekat dalam arti positif. Misalnya karena modal uang untuk bisnis belum dimiliki, akhirnya nekat membangun dan mematangkan ide bisnis yang dimiliki dengan mengajukan proposal bisnis berdasarkan ide yang dimiliki ke pihak – pihak investor. Dengan adanya ide bisnis yang matang, maka kita dapat menjadikan ide tersebut menjadi uang. Para investor tidak akan sungkan memberikan bantuan dana, jika ide bisnis yang diajukan memiliki peluang yang cukup bagus. Selain itu Anda juga bisa mengajak rekan Anda yang memiliki dana untuk kerjasama untuk menjalankan bisnis tersebut bersama. “Banyak jalan menuju Roma”, jika kita memiliki tekad yang kuat serta kesungguhan dalam berusaha membangun sebuah bisnis.
Mulailah Action dari sekarang, karena kesuksesan tidak akan menghampiri Anda secara tiba –tiba. Semoga motivasi sukses berbisnis ini dapat memberikan semangat baru bagi rekan – rekan dalam merintis usaha.


Berikut ini, Modal-modal sukses yang sudah kita miliki antara lain :
  1. Modal Pikiran Sukses Anda
Semua manusia yang lahir didunia ini telah dikarunia otak yang super canggih. Komputer tercanggih di dunia ini tidak ada yang bisa mengalahkan kecanggihan otak Anda. Sayangnya, pemanfaaatan otak saat ini sangat minim. Konon, kita saat ini hanya memanfaatkan potensi otak kita kurang dari 10 % dari yang semestinya. Anda bisa bayangkan, jika Anda bisa memanfaatkan potensi otak Anda hingga 100 %, kesuksesan seperti apa yang bisa Anda raih hari ini ? Pasti luar biasa.
Semua kesuksesan yang ada di dunia ini adalah hasil pikiran dari otak manusia. Karena itu, memanfaatkan otak kita untuk meraih kesuksesan adalah wajib. Anda sudah memiliki modal yang luar biasa ini. Jangan lupakan modal Anda yang satu ini.
Cara memanfaatkan modal pikiran antara lain :
  • Mengisi otak kita dengan informasi yang baik-baik dan bemanfaat, sehingga disaat kita berpikir juga bisa menghasilkan pemikiran yang baik
  • Selalu mengasah otak kita setiap waktu
  • Bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif, sehingga pemikiran positif mereka bisa ‘menulari’ pemikiran Anda
  • Menyediakan waktu untuk berpikir, kalau bisa setiap hari. Waktu berpikir ini bisa Anda gunakan untuk mencari ide, mengevaluasi hidup, dan sebagainya
  1. Modal Waktu
Jika Anda bisa menjual waktu Anda saat ini, berapakah Anda menghargai waktu Anda ? Bisakah saya membeli waktu Anda 20 tahun dengan uang Rp 10 milyar, dan tiba-tiba Anda menjadi lebih tua 20 tahun ? Saya yakin Anda tidak mau menjual waktu Anda.
Waktu adalah salah satu harta tak ternilai yang Anda miliki. Sayang, kadang Anda melupakan modal yang satu ini. Atau seringkali Anda menyia-nyiakan waktu terbuang percuma. Modal waktu ini semestinya Anda sadari dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ingat selalu, kesuksesan selalu membutuhkan waktu. Jika Anda tidak memberikan waktu untuk diisi dengan tindakan sukses, maka alangkah ruginya Anda
Beberapa cara mendayagunakan waktu antara lain :
  • Menetapkan tujuan Anda dengan tenggat waktu tertentu
  • Menetapkan prioritas tindakan, sehingga waktu Anda akan termanfaatkan dengan baik
  • Menggunakan waktu senggang untuk aktivitas bermanfaat
  • Menggunakan waktu Anda hanya untuk melakukan tindakan-tindakan yang mendekatkan pada tujuan
  • Berani menolak diri sendiri untuk tidak menggunakan waktu secara sia-sia, misalnya menonton sinetron tidak bermutu, dll
  1. Modal Uang Anda Saat ini
Anda saat ini sudah punya uang bukan ? Saya yakin sudah punya !!! Bukankah ketika Anda bisa akses internet saat ini Anda menggunakan biaya. Berarti Anda mempunyai uang,dong.… Kalau Anda saat ini akses internet dari kantor, berarti Anda memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang juha, kan ?. Berapapun uang yang Anda miliki saat ini, itulah modal Anda.
Anda mungkin berpikir bahwa uang Anda sedikit. Saya tidak ingin membahas berapa jumlah uang yang Anda miliki. Yang ingin saya tekankan adalah, bagaimana cara Anda menggunakan uang Anda saat ini untuk kesuksesan Anda, berapapun jumlah uang Anda. Jumlah uang sangat relatif bagi masing-masing orang.
Sebagian besar orang memfokuskan diri pada kesuksesan yang telah dicapai oleh orang lain. Dan mereka membayangkan bahwa untuk mencapai kesuksesan tersebut membutuhkan modal besar. Oarng-orang seperti ini biasanya jarang membaca biografi orang sukses. Mereka tidak tahu bagaimana jerih payah orang-orang sukses dalam meraih impiannya. Yang mereka tahu hanya kesuksesannya saat ini. Padahal, sebagian besar orang-orang sukses memulai usahanya dari modal kecil, tanpa modal, atau bahkan ‘ngutang’
Uang yang Anda miliki saat ini adalah modal sukses Anda. Manfaatkan dengan baik uang tersebut untuk membantu kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Beberapa langkah bijak dalam memanfaatkan uang untuk meraih sukses antara lain :
  • menginvestasikan yang Anda untuk pembelajaran hal-hal yang bisa membantu Anda meraih sukses. Misalnya : membeli buku, mengikuti seminar bisnis, dll
  • menabungkan uang sebagai dana cadangan hidup beberapa bulan
  • menabungkan uang sebagai persiapan modal usaha yang ingin dijalankan
  • dll
  1. Modal Tenaga
Kata Bob Sadino :” Ayam saja yang dikasih Tuhan kaki dan paruh bisa hidup, masak manusia tidak bisa ?”. Dengan kata lain, mestinya kita malu sama ayam jika tidak bisa sukses dalam kehidupan ini. Terlebih kita memiliki otak super canggih yang tidak dimiliki oleh ayam
Anda memiliki tenaga (energi) untuk melakukan tindakan-tindakan meraih sukses. Orang-orang pecundang adalah mereka yang malas dalam hidup ini. Para pecundang sebenarnya menginginkan kesuksesan, namun mereka tidak bersedia membayar kesuksesan dengan bekerja keras. Sehingga mereka selalu berkubang dengan kegagalan
Manfaatkan tenaga Anda untuk bekerja keras meraih kesuksesan. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Kesuksesan harus diupayakan. Anda harus membayar harga sebuah kesuksesan itu. Harga sebuah kesuksesan harus Anda bayar dimuka. Dan harga kesuksesan salah satunya adalah bekerja keras



Berikut adalah ringkasan dari sejumlah kemampuan (ketrampilan) pribadi yang diyakini paling berpengaruh dalam mengubah nasib seseorang, dari individu yang biasa menjadi individu yang berhasil.
1. Kemampuan Berpikir Positif
Orang yang mampu berpikir secara positif memandang kesulitan sebagai tantangan, menganggap kritik sebagai sumbangan pemikiran, dan melihat banyak peluang dan kemungkinan dalam ketidaksempurnaan.
Sementara orang negatif menganggap kesulitan sebagai bentuk dari kegagalan atau kebodohannya sendiri. Berpikir positif berarti menjauhkan diri dari segala bentuk prasangka buruk, baik terhadap seseorang maupun obyek tertentu. Seseorang yang suka berprasangka buruk mudah sekali kehilangan peluang, kurang berhasil dalam relasi sosial, dan mudah mendatangkan masalah dalam kehidupan organisasi.
2. Kemampuan Menetapkan Tujuan
Kemampuan menetapkan tujuan sangat mendasar dalam mendesain sukses seseorang. Tujuan merupakan pedoman yang mengarahkan seseorang untuk mengambil tindakan-tindakan yang tepat dan terukur. Tujuan mengontrol atau mengawasi perilaku seseorang. Dan tujuan memberi kekuatan untuk maju dan mengalahkan
berbagai rintangan. Jika seseorang gagal menetapkan tujuan, maka ia bergerak tanpa arah. Dalam kehidupannya, orang ini tidak tahu mau kemana dan sudah sampai tahap mana. Pada tahap yang sangat kronos, orang tanpa tujuan sama artinya dengan orang yang kehilangan kepribadian.
3. Kemampuan Bekerjasama
Dalam banyak kisah kesuksesan, hampir menjadi kebenaran umum bahwa sukses seseorang selalu diraih berkat bantuan atau kerjasama dengan orang lain. Jarang sekali sebuah kesuksesan diraih murni dari usaha sendiri. Bahkan seorang seniman yang paling eksentrik sekalipun membutuhkan kerjasama dengan orang lain supaya karya-karyanya dihargai dengan layak. Sukses selalu membutuhkan kemampuan bekerjasama. Ini berarti ada proses saling memberi, saling mendukung, saling melengkapi, dan bergerak bersama-sama menuju suatu tujuan.
4. Kemampuan Mengendalikan Tekanan
Tangga kesuksesan biasanya harus ditapaki dengan berbagai beban dan gangguan di sekelilingnya. Jarang sekali kesuksesan bisa diperoleh 100% dengan gratis. Dalam bidang yang sangat kompetitif, tahapan-tahapan kesuksesan sering mendatangkan beban atau tekanan psikologis yang luar biasa. Maka, para pejuang kesuksesan harus memiliki mekanisme dalam mengelola tekanan tersebut. Popularitas seorang selebritis misalnya, selain mendatangkan uang banyak juga mendatangkan gangguan-gangguan psikologis. Kematian Elvis Presley, Marlyn Monroe, John Lenon atau Bruce Lee justru pada saat mereka di puncak kejayaannya memang penuh dengan misteri. Namun dari sekian banyak analisis, selalu ditemukan unsur tekanan dan ketakutan berlebihan pada diri mereka atas sukses yang mereka alami.
5. Kemampuan Berpikir dan Bertindak Kreatif
Tak dipungkiri, kreatifitas menjadi biang dinamika peradaban. Pribadi-pribadi kreatif mampu memformulasikan sesuatu yang baru, memodifikasi sesuatu yang lama menjadi baru, dan bisa mencipta dari sesuatu yang belum ada menjadi ada. Di era yang serba instan dan kompetitif ini, pola-pola lama sering tidak memadai lagi sebagai andalan bersaing. Di sinilah dibutuhkan cara-cara berpikir yang segar serta diikuti dengan tindakan yang tepat. Kisah sukses sering diawali dengan cara berpikir yang sederhana namun kreatif.
6. Kemampuan Bertindak Tepat
Sesuatu yang bernilai jadi tidak bernilai jika tidak ada pada waktu dan tempat yang tepat. Begitu juga sebuah tindakan. Dalam kehidupan, berhasil tidaknya kita sangat ditentukan oleh ketepatan tindakan yang kita ambil, baik dari sisi jenis maupun waktu bertindaknya. Orang-orang sukses biasanya memiliki kemampuan mengambil tindakan yang tepat serta pada waktu yang dibutuhkan, terutama sekali karena mereka telah berulang kali menghadapi situasi serupa. Kemampuan instingtif atau feeling mereka terlatih oleh tantangan demi tantangan yang berhasil mereka taklukan. Ini sekaligus menunjukkan hukum kesuksesan yang sejatinya memang tidak bisa diperoleh secara instan.
7. Kemampuan Mencintai
Nah, yang lebih menarik lagi adalah bahwa orang-orang sukses selalu memiliki kemampuan untuk mencintai apa saja yang diyakini dan yang dilakukannya. Kecintaan tersebut membuat mereka mencurahkan perhatian, tenaga, dan usaha dengan sepenuh hati. Kemampuan itu pula yang membuat mereka tahan banting dan bersemangat mengalahkan setiap tantangan. Ini sekaligus menjawab mengapa orang-orang sukses memiliki dedikasi yang mengagumkan pada bidang-bidang yang ditekuninya. Tanpa kemampuan mencintai, orang sukses tak akan mampu bertahan lama dalam tangga kesuksesannya.
8.   Kemampuan Memimpin
Sulit dipungkiri, orang-orang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan mengorganisasikan dan mendayagunakan tenaga atau pikiran orang lain menuju suatu tujuan tertentu. Sesederhana apa pun pribadi seseorang yang sukses, ia berpeluang menjadi seorang pemimpin. Orang sukses seperti memiliki kharisma, sering menjadi sumber inspirasi, mampu memotivasi (langsung atau tidak langsung), dan sering emnjadi teladan bagi orang lain. Yang menarik, banyak orang sukses yang lahir bukan sebagai pemimpin, tapi ia sukses karena dirinya mampu memimpin orang lain.


"Tentukanlah jalan yang akan ditempuh untuk mencapai kesuksesan Anda"

sumber: 
http://kalabang.wordpress.com/2010/08/03/modal-sukses-yang-harus-dimiliki-wirausahawan/
http://alarief.com/empat-modal-sukses-yang-sudah-anda-punya-hari-ini.htm
http://sourceflame.blogspot.com/2011/05/8-kemampuan-modal-sukses.html
photo:
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1002592444950&set=a.1274343358553.31224.1829010948&type=3&theater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar